Seperti Apa Seni Kriya yang Menjadi Ciri Khas Industri kreatif Indonesia?

Saat ini perekonomian Indonesia sudah mulai perlahan-lahan bangkit. Beberapa industri mulai bangkit dalam menjalankan aktifitasnya supaya perekonomian negara tidak terpuruk. Salah satu sektor yang menunjukan peningkatan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi ialah industri kreatif.

Sebenarnya industri ekonomi kreatif ini merupakan jenis industri yang mengandalkan kreatifitas dan kecakapan dari sumber daya manusia. Beragam industri ekonomi kreatif yang populer ialah fashion, kuliner, fotografi, musik, dan kriya. Kriya inilah yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia. Silahkan Klik disini untuk melihat beragan ekonomi kreatif di Indonesia.

Apa Itu Seni Kriya?

Berbicara tentang seni memang tak terbatas karena seni itu sendiri sangat luas. Seni kriya ini adalah salah satu jenis dari seni rupa yang mengacu pada kerajinan tangan bernilai seni. Indonesia terkenal dengan hasil karya seni kriya yang unik dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa dengan identitas daerah masing-masing. Oleh karena itu, jenis seni kriya di Indonesia sangat beragam. Dengan dukungan dari kemenparekraf, banyak pelaku industri kreatif khususnya di bidang seni kriya sudah berhasil menembus kancah internasional.

Sebagai kerajinan tangan, seni kriya ini mengandalkan tenaga manusia untuk memproduksi hasil karya tersebut. Karya seni kriya ini juga mempunyai fungsi praktis untuk kehidupan kita sehari-hari, baik sebagai hiasan, mainan atau benda pakai.

Jenis-Jenis Seni Kriya

Beberapa jenis seni kriya yang sering kamu lihat di pasaran memang sangat variatif. Dari jenis bahan bakunya, ada 6 jenis seni kriya yang sangat populer di pasaran. Berikut ini beberapa jenis seni kriya yang mungkin dapat kamu jadikan inspirasi untuk memulai usaha:

  • Seni Kriya dari Bahan Kayu

Jenis kriya yang satu ini mengacu pada benda-benda yang terbuat dari kayu yang memiliki nilai fungsi dan sebagai hiasan. Contoh dari seni kriya ini ialah wayang golek, furniture kayu, patung kayu, dan hiasan yang memiliki ukir-ukiran.

Tak hanya kualitas kayu saja yang menjadikan seni kriya ini memiliki nilai jual tinggi di pasar internasional, tetapi keunikan desain dari hasil karya tersebut juga turut mempengaruhi nilai jual barang tersebut. Untung saja, banyak wilayah Indonesia yang menghasilkan jenis kayu berkualitas.

  • Seni Kriya dari Bahan Keramik

Bentuk kerajinan tangan dari bahan keramik juga mempunyai banyak peminat dari berbagai penjuru negeri maupun luar negeri. Bahan baku utama untuk membuat karya seni keramik ialah tanah liat yang telah melalui proses pembakaran bersuhu tinggi.

Sama seperti seni kriya kayu, barang pecah belah ini memiliki nilai fungsi dan nilai seni. Beberapa contoh dari seni kriya berbahan keramik yang dapat kamu jadikan koleksi ialah guci, vas bunga, tea set, dan sebagainya.

  • Seni Kriya Berbahan Tekstil

Salah satu seni kriya berbahan kain yang sudah mendunia ialah batik. Batik sebagai ciri khas bangsa kita memang menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selain batik, ada juga seni kriya berbahan kain yang cukup terkenal yakni songket, kain tenun, dan tapestri.

  • Seni Kriya dari Kulit

Beberapa kota di Indonesia menjadi kota penghasil kerajinan kulit dan kerap mengekspor hasil produksi tersebut ke negara-negara lain. Bahan baku kerajinan ini biasanya berasal dari kulit sapi, kambing, kerbau, buaya, dan sebagainya. Wayang kulit merupakan contoh seni kriya kulit yang terkenal.

  • Seni Kriya Logam

Seni kriya yang berbahan dari logam juga cukup menarik minat wisatawan. Para pengrajin logam biasanya menggunakan bahan seperti aluminium, tembaga, dan kuningan untuk menciptakan karya kriya yang sangat unik.

Teknik untuk membuat karya seni logam ini mencakup teknik las, patri, ketok, dan cor. Contoh produk kerajinan seni kriya dari bahan logam antara lain vas bunga logam, pisau, patung, uang kepeng, dan lain-lain.

  • Seni Kriya Berbahan Batu

Tipe seni kriya ini menggunakan batu sebagai bahan dasar. Dengan teknik pembuatan yang cukup detail dan daya kreativitas yang tinggi, batu dapat berubah menjadi barang bernilai jual tinggi. Contoh seni kriya berbahan batu ialah batu permata, batu akik, patung batu, fosil, dan sebagainya.

Indonesia kaya akan sumber daya alam, tetapi dengan sumber daya manusia juga menjadi hal penting untuk mendorong sektor industri kreatif yang dapat memberi manfaat bagi seluruh masyarakat. Selain seni kriya, kamu juga bisa mencari inspirasi lain untuk memulai usaha di bidang ekonomi kreatif.