Perlengkapan Yang Biasa Dipakai Pada Saat Wisuda (Pria)

Acara wisuda menandakan selesainya studi yang dilakukan para mahasiswa dan mahasiswi selama kurang lebih 4 tahun. Acara ini biasa diadakan di suatu ruangan besar dengan adanya rentetan acara ceremonial seperti upacara dan memanggil nama mereka satu per satu oleh rektor universitas. Pada saat acara ini berlangsung juga biasanya dihadiri oleh orang tua, saudara atau kerabat terdekat.

Sebagai kerabat hendaknya Anda membawakan orang yang wisuda hadiah seperti boneka, bunga wisuda, atau souvenir lain yang mereka inginkan. Dengan begitu wisudawan akan merasa senang atas kedatangan Anda. Biasanya dalam menghadiri acara tersebut tidak ada pakaian tertentu, atau pakaian resmi yang harus dikenakan pada saat acara. Namun, biasanya ada beberapa pakaian yang biasa di pakai. Pakaian tersebut adalah:

Kemeja Resmi

Pakaian ini sering digunakan pada saat acara resmi yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan untuk memperkenalkan siswa kepada siswa. Karena merupakan acara formal, tentunya siapapun yang hadir harus mengenakan pakaian formal, termasuk kemeja. Anda bisa mengenakan kemeja putih polos. Selain kemeja putih, Anda juga bisa mengenakan kemeja dengan warna  kalem atau warna yang tidak terlalu mencolok.

Jas

Pria tentu tidak ingin kalah dengan wanita. Tidak hanya  saat jalan-jalan, tapi juga  saat  acara resmi seperti wisuda. Sementara wanita akan mengenakan kebaya setelah lulus, pria akan mengenakan pakaian  dan jas formal. Saat berpakaian dengan benar, usahakan agar ujung kemeja Anda tidak terlepas dari jaket Anda. Usahakan untuk tidak menutupi seluruh lengan baju. Juga, jangan lupa untuk mengancingkan  kemeja Anda agar terlihat lebih rapi dan cocok  dengan pakaian Anda.

Sepatu Pantofel

Lengkapi tampilan formal untuk pesta kelulusan Anda dengan mengenakan sepatu yang serasi. Gunakan mokasin yang  paling cocok untuk semua acara formal. Kenakan sepatu  hitam atau warna netral lainnya yang senada dengan pakaian dan mantel yang Anda kenakan.

Toga Wisuda

Saat menghadiri upacara wisuda, tentunya Anda harus mengenakan gaun sebagai pakaian utama Anda. Pakaian ini seperti ao dai lebar yang bisa menutupi dada, bahu, dan punggung. Biasanya gaun itu beludru atau satin.

Dasi

Dasi merupakan pelengkap pakaian formal seperti rompi dan kemeja. Bahkan ketika Anda lulus, Anda harus mengenakan dasi untuk membuat kesan rapi. Gunakan warna yang  lebih gelap dari warna outfit, tapi tetap sama. Ini akan membuat penampilan Anda lebih menarik. Dalam menggunakan dasi tersebut Anda harus mencocokan dasi dengan pakaian Anda yang lain.

Setelah selesai acara tersebut, biasanya para wisudawan akan mentraktir beberapa teman dan kerabat mereka yang menghadiri acara mereka sebagai rasa terimakasih atas waktu yang sudah mereka luangkan. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta mencari tempat makan seperti Steak Jakarta, atau restaurant bisa menjadi salah satu alternatif acara Anda.