Masalah Yang Sering Timbul Saat Cek Resi⁣

 

Cek resi adalah sebuah kegiatan menginput nomor resi untuk melakukan pelacakan barang yang Anda beli pada sebuah toko online shop. Ketika anda berbelanja dengan sistem online, tentu barang akan dikirim dari alamat penjual ke alamat Anda sebagai pembeli. Saat barang dikirim, anda akan diberikan nomor resi untuk mengetahui keberadaan barang anda ketika di perjalanan.

Ada beberapa kondisi tertentu yang mana ketika melakukan pengecekan nomor resi, bisa saja timbul masalah yaitu tidak bisa dilakukan pengecekan karena beberapa hal. Berikut masalah-masalah yang sering timbul saat melakukan lacak paket dengan nomor resi.

1. Tidak Ada Update Saat Cek Nomor Resi

Ada kondisi dimana ketika melakukan cek resi, nomornya terdaftar Namun status paket jalan ditempat. Artinya status lokasi paket masih berada di kantor ekspedisi. Padahal sudah beberapa hari pengiriman paket sejak diberikan nomor resi oleh penjual.

Ini tentu kesalahannya berada pada ekspedisi, karena jelas-jelas online shop yang memberikan nomor resi sudah mengirim barang. Ketika nomornya resi sudah diterima oleh penjual, otomatis barang tersebut sudah dikirim minimal ke kantor ekspedisi.

2. Nomor Resi Tidak Bisa Dilakukan Pengecekan

Untuk kondisi lainnya yaitu, ketika melakukan cek nomor resi namun tidak dapat dilacak dengan beberapa alasan. Misalnya sistem tracking pada ekspedisi tersebut sedang saya error.

Jika hal ini terjadi maka anda harus menghubungi terlebih dahulu penjual untuk menanyakan perihal nomor resi apakah sudah valid atau belum. Jika dinyatakan sudah valid oleh penjual, jads ekspedisi belum update resi jadi anda bisa menunggu beberapa hari terlebih dahulu.

Namun jika sampai 1 minggu, resi tidak bisa dilacak juga maka anda bisa melakukan komplain ke penjual. Atau jika berbelanja di marketplace, tentu Anda bisa mengajukan komplain terhadap masalah yang terjadi ke marketplace untuk tindak lanjut.

3. Nomor Resi Invalid

Ketika nomor resi yang anda miliki invalid, tentu saja keberadaan paket tidak bisa di cek sampai kapanpun. Pada jasa ekspedisi yang biasanya dipakai orang-orang, nomor resi bisa langsung di lacak. Kecuali memang ekspedisi yang Anda pilih masih menggunakan resi manual, sehingga membutuhkan waktu minimal 1 x 24 jam hingga barang bisa terlacak.

Jika nomornya invalid, mungkin saja ada kesalahan pada human error ketika menginputkan nomor resi yang dikirim ke anda. Solusinya tentu anda harus meminta foto nomor resi kepada penjual, untuk menghindari kesalahan input nomor resi oleh mereka.

4. Nomor Resi Tidak Terdaftar Saat Dilacak

Selanjutnya, ada juga kondisi dimana ketika anda melakukan cek resi, ada pemberitahuan bahwa nomor resi tidak terdaftar. Anda jangan bingung dan jangan risau karena ini bisa saja terjadi akibat nomor resi yang belum masuk kedata pusat.

Biasanya ketika seseorang baru diberikan nomor resi, langsung melakukan pengecekan resi pada website ekspedisi ataupun website yang ketiga. Nah jika begini, otomatis memang nomor resi belum ditemukan karena tidak terdaftar. Alasannya tentu saja nomor resi anda belum masuk kedata pusat regional kota masing-masing. Atau resi masih dicatat oleh agen dan belum ada validasi nomor resi ke ekspedisi pusat.

Jadi itu tadi beberapa kejadian yang sering terjadi saat anda melakukan cek resi. Agar saat pengecekan nomor resi tidak mengalami kendala, Anda bisa memilih untuk mengecek pada website pengecekan resi paling valid  saat ini yaitu  Shipper. Di Shipper, anda bisa  melakukan lacak nomor resi hanya dengan bermodalkan nomor resi saja maka langsung muncul pemberitahuan posisi paket anda sedang berada di mana.