Langkah Tepat Merawat Mesin Laminating

 

Bisa membeli mesin laminasi belum tentu bisa merawat mesin dengan baik. Padahal jika melakukan perawatan mesin yang tepat, kamu bisa membuat mesin menjadi lebih awet dan pastinya bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Karena mesin tidak rusak, tentu saja keuntungan yang kamu dapat juga semakin bertambah. Namun tetap saja diperlukan komitmen agar bisa merawat mesin dengan baik dan juga disiplin.

Bagi yang baru membeli mesin untuk laminating ini, silahkan ikuti tips melakukan perawatan mesin agar mesin tetap awet meskipun digunakan cukup lama :

1. Bersihkan mesin rutin

Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar mesin dari berbagai debu dan juga kotoran yang sering menempel di bagian mesin untuk laminating.

Jangan lupa untuk mematikan mesin terlebih dahulu sebelum membersihkan mesin yang kamu gunakan. Tunggu juga sampai mesin benar-benar dingin.

Untuk membersihkan mesin juga jangan sembarangan. Gunakan kain yang lembut atau juga bisa memakai kain lap kanebo agar mesin tidak lecet.

2. Jangan memakai alkohol atau bahan pembersih yang kasar

Bahan-bahan kasar seperti alkohol cairan pembersih dan alkohol yang punya molekul kasar tidak disarankan untuk digunakan dalam perawatan mesin laminating.

Pasalnya bahan tersebut membuat komponen-komponen yang ada di dalam mesin laminating menjadi rusak sehingga malah menambah budget perawatan kalian.

3. Pakai kantong pembawa

Saat membersihkan atau merawat mesin laminating maksimal, lindungi juga bagian roll mesin.

Untuk melindungi rol mesin dari kontak yang tidak disengaja saat membersihkan mesin, kanu bisa menggunakan perekat khusus.

Tempatkan kantong laminasi di kantong pembawa agar membuat dan menjaga menjaga rol tetap bersih saat perawatan.

4. Hindarkan berbagai benda tajam dari bagian penggulung

Ketika hendak ingin membersihkan roller dari kotoran yang melekat di mesin, jangan gunakan benda tajam yang bisa merusak bahkan tersebut.

Hindari menggunakan gunting, pisau ataupun cutter saat membersihkan bagian tersebut. Di mana bagian tersebut memang sangat rawan.

Benda tajam tadi bisa merusak bentuk silikon dalam rol dan tentunya juga mempengaruhi hasil laminating yang kamu miliki.

5. Jangan laminasi logam maupun bahan glitter

Material yang terbuat dari logam ataupun glitter juga akan mengganggu kemampuan mesin untuk mentransfer panas saat melakukan proses laminasi.

Hal tersebut tentunya berpengaruh di hasil laminasi dan bisa dipastikan akan membuat komponen pemanas mesin menjadi rusak atau terganggu.

Informasi seperti ini memang sudah ada di buku panduan manual yang diberikan saat kalian membeli mesin untuk laminasi ini. Jadi sebelum menggunakan mesin, pastikan membaca buku manual tersebut terlebih dahulu.

Bagi yang membutuhkan mesin untuk laminasi, mesin laminasi hanya di maxipro bisa kamu beli. Kualitas barang yang bagus dengan harga terjangkau adalah salah satu keunggulannya.