Inilah Penyebab Asam Lambung yang Harus Diwaspadai

Penyakit asam lambung termasuk kondisi yang banyak dialami oleh masyarakat, menyebabkan mereka tidak bebas untuk mengonsumsi makanan tertentu. Karena memang tak jarang pola makan yang salah tersebut memicu kondisi ini datang kembali.

Penyakit GERD ini pada dasarnya bisa terjadi ketika katup yang menutup pada bagian bawang kerongkongan melemah atau bahkan rusak. Sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya seperti sedia kala, karena memang ia menjadi terbuka secara terus-menerus, akibatnya isi dalam lambung juga akan naik hingga kerongkongan.

Kondisi inilah yang menjadi penyebab asam lambung menyerang, namun ternyata ada beberapa faktor awal yang memicu sfingter tersebut menjadi melemah. Hal inilah yang dapat dikendalikan, sehingga nantinya masalah kesehatan tersebut juga tidak akan terjadi pada diri Kamu. Berikut ini ada beberapa faktor awal yang dapat memicu munculnya GERD tersebut yang patut untuk diwaspadai, yaitu:

  1. Obesitas, kegemukan atau berat badan berlebih memang bukan sesuatu yang baik. Kebanyakan orang-orang yang mengalami obesitas akan membuat perut mereka penuh dengan timbunan lemak. Sehingga hal ini akan berdampak pada otot bagian sfingter atau katup esophagus melemah, sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Jadi setiap kali ada makanan yang masuk, maka nantinya akan secara otomatis naik lagi.
  2. Konsumsi makanan tertentu, faktor yang paling sering memicu GERD memang dari makanan yang Kamu Konsumsi, sebut saja diantaranya terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak yang memang sulit untuk dicerna oleh tubuh, makanan yang terlalu pedas maupun juga asam sampai dengan jenis makanan yang berkafein. Semua makanan tersebut memang bisa memicu asam lambung menjadi naik.
  3. Kebiasaan makan yang tidak sehat, bukan sekedar jenis makanan yang dikonsumsi, namun kebiasaan makan Kamu Nyatanya juga sangat mempengaruhinya, contohnya makan secara terburu-buru, makan dalam porsi yang berlebih sampai dengan berbaring atau tidur setelah makan. Hal ini memang bisa jadi penyebab terjadinya GERD.
  4. Merokok, banyak tentunya yang sudah tidak asing mengenai efek buruk dari rokok ini untuk kesehatan. Nikotin yang terkandung didalam rokok nantinya akan membuat otot halus pada esophagus menjadi rileks. Jadi bukan hal yang mengherankan jika seandainya bagian sfingter ini menjadi lemah serta membuat isi lambung juga akan naik hingga kerongkongan.
  5. Efek samping pemakaian obat-obatan tertentu, bagi Kamu Yang sedang menderita penyakit lain dan juga mengkonsumsi obat, maka bisa jadi obat tersebut juga memiliki efek samping untuk melemahkan otot halus pada bagian esophagus, khususnya adalah jenis-jenis obat anti peradangan. Sehingga untuk yang punya riwayat penyakit GERD, maka alangkah baiknya bagi Kamu Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat tersebut.
  6. Penyakit-penyakit tertentu yang menyerang tubuh, tanpa Kamu Sadari asam lambung ini juga dapat terjadi disebabkan oleh penyakit yang menyerang tubuh Kamu Dan memang menjadi penyertaannya, misalnya adalah gastroparesis, yaitu kondisi ketika melemahnya otot dinding lambung sehingga menyebabkan pengosongan lambung kian lambat, scleroderma sampai dengan hernia hiatus.

Jadi untuk tahu secara detailnya alangkah baiknya konsultasi dengan dokter mengenai penyebab asam lambung tersebut, sehingga dapat diatasi hingga ke sumber masalah. Namun pada dasarnya gejala awal dapat Kamuatasi dengan obat-obatan yang banyak dijual di pasaran, sekedar untuk memberikan rasa nyaman di perut dan juga cegah masalah yang lebih serius. Diantaranya adalah dengan menggunakan obat dari Promag, banyak variannya yang mampu cepat atasi asam lambung Kamu.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini semoga pembahasannya bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di artikel dan pembahasan yang akan datang selanjutnya semoga kamu dan keluarga selalu sehat.