Fresh Graduate Wajib Ikut Operation Development Program Jika Ingin Cepat Dapat Kerja

Banyak orang yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang ini. Memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya lapangan kerja yang sempit dibandingkan dengan jumlah pencari kerja yang membludak atau sangat banyak membuat persaingan dalam mencari pekerjaan juga semakin tinggi. Mereka yang sekedar lulusan sarjana saja, namun tidak memiliki pengalaman kera atau skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja tak jarang yang tergeser. Hingga terkadang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Itulah mengapa sambil mengisi waktu luang tak ada salahnya mengikuti operation development program .

Selama ini memang tak dapat dipungkiri jika seandainya dalam dunia perkuliahan lebih banyak diajari tentang materi saja. Artinya untuk praktek atau tindakannya sendiri masih kurang. Hal inilah yang membuat lulusannya kaget jika sudah masuk dunia kerja. Bahkan juga butuh waktu lama masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan. Karena memang pada dasarnya perusahaan sendiri menginginkan kualifikasi lebih, dibandingkan dengan mengajari anak baru lebih banyak diantaranya yang mencari karyawan yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Operation development program ini sendiri pada dasarnya adalah sebuah program pelatihan yang dirancang khusus untuk para lulusan sarjana yang memang belum punya pengalaman, namun mereka memiliki keinginan yang sangat kuat untuk menjabat sebagai supervisor. Jenis-jenis dari pelatihan yang satu ini juga banyak, sesuai dengan bidang yang diminati tersebut, namun pada dasarnya ia banyak diterapkan pada beberapa bidang seperti:

  1. Sistem classical, khusus untuk sistem yang satu ini maka nantinya peserta akan masuk pada tahap awal. Dimana ia akan ditunjuk untuk memberikan pemahaman tentang proses kerja tersebut, adanya diskusi dan juga roll play serta kegiatan yang menyenangkan lainnya, namun tetap dengan adanya ilmu di dalam kegiatan tersebut.
  2. On job training, sedangkan untuk program yang satu ini ditujukan agar nantinya peserta bisa terlibat akan mengalami secara langsung kegiatan operasional tersebut, sehingga bukan sekedar materi yang diberikan, melainkan ilmunya secara langsung. Nantinya dalam program yang satu ini juga akan dikenalkan beragam jenis kegiatan pekerjaan, tentunya dalam melakukan kegiatan tersebut juga akan ikut didampingi oleh seorang kepala unit ataupun departemen maupun mentor yang sudah ditunjuk sebelumnya.

Pastinya ada banyak yang akan dirasakan oleh para fresh graduate yang mengikuti kegiatan ini, yaitu:

  1. Menambah ilmu baru dalam dunia kerja, karena terkadang ilmu yang Anda dapatkan lewat perkuliahan akan jauh berbeda dibandingkan dengan ketika sudah masuk kedalam dunia kerja langsung. Karena disini akan dipandu secara langsung, tentunya akan sangat berguna dalam meningkatkan skill atau kemampuannya.
  2. Dapat dijadikan sebagai pegangan nantinya dalam dunia kerja, sehingga tidak akan kebingungan lagi dengan job desk yang haru dikerjakan, hal ini juga berguna untuk meminimalisir resiko atau masalah yang mungkin dialami dalam dunia kerja tersebut.

Operation development program ini sendiri pada dasarnya cukup banyak ditawarkan oleh lembaga-lembaga pelatihan yang ada saat ini, diantaranya adalah dari Prasmul-ELI, bahkan Prasmul-ELI sendiri juga sudah banyak ditunjuk oleh perusahaan-perusahaan bergengsi secara langsung untuk ikut memberikan pelatihan atau training kepada karyawan mereka. Karena memang dari segi program yang ditawarkannya sendiri cukup banyak, tentunya bisa lebih leluasa memilih yang sesuai dengan kebutuhan bukan. Masalah biaya atau harga dari program pelatihan ini sendiri juga tak perlu khawatir, mengingat nilainya cukup terjangkau.